Tips Mudah: Belajar Motor Kopling Segala Jenis


Motor kopling adalah salah satu jenis motor dengan sistem transmisi manual. Pada motor kopling, kita perlu menggunakan kopling sebagai penyalur tenaga ke motor.

Pada tulisan kali ini, saya tidak akan membahas bagaimana sistem dan cara kerja motor kopling secara detail karena saya bukan ahlinya. Bila bertanya soal detail tentang sistem dan metode penyaluran energi pada motor kopling. silakan tanya pada ahlinya.

Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi tips bagaimana caranya mengendarai motor kopling dengan mudah. Tulisan kali ini, berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam mempelajari cara mengendarai motor kopling.

Sebagai motivasi bahwa belajar motor kopling itu, mudah, saya akan berbagi sedikit cerita bagaimana saya bisa memakai motor kopling.

Saat itu, di rumah ada motor suzuki thunder 125 yang tentu saja menggunakan kopling. Motor tersebut adalah motor ayah saya dan sejak beberapa waktu belakangan sudah jarang dipakai. Saya berniat untuk memakainya, daripada teronggok begitu saja di sudut rumah. Akan tetapi, masih belum berani karena merasa ngeri, sulit, dan merasa tidak bisa, kalau tidak ada yang mengajari.

Sampai suatu hari saya nekat membawa motor tersebut ke bengkel untuk diperbaiki karena sudah beberapa bulan tidak terpakai. Setelah diperbaiki, motor bisa menyala dan saya berada dalam posisi harus membawanya pulang ke rumah dengan dikendarai atau didorong.

Karena merasa gengsi sama pak montir kalau mengatakan bahwa saya tidak bisa membawa motor kopling, akhirnya saya minta tolong untuk menyalakan motor kopling. (Note: bahkan cara untuk menyalakan motor kopling saja saya tidak tahu.

Setelah menyala, kemudian saya putar gas dan.., motor mati. :D

Akhirnya saya mendorong motor ke rumah dengan harga diri yang sedikit tercabik. Sampai di rumah saya langsung mencari artikel di internet tentang cara mengendarai motor kopling. 

Setelah nekat, dua kali percobaan, akhirnya hari itu juga saya sudah jalan-jalan dengan motor kopling. Ternyata membawa motor kopling itu gampang benar.

Pada banyak artikel di internet, tidak ada yang menyebutkan beberapa hal penting yang harus diketahui saat orang ingin belajar memakai motor kopling. Kali ini saya akan menuliskan beberapa tips tersebut.


Tips menguasai motor kopling bagi pemula yang wajib diketahui:

1. Sebenarnya, motor kopling dan motor gigi tidak berbeda jauh. Perbedaan hanya terletak pada koplingnya saja.

2. Menguasai kopling adalah tentang menguasai gas dan kopling untuk menjaga motor tetap nyala dan tidak mati.

Kopling ditarik = gas dilepas
Gas dilepas = kopling ditarik.

Gas setengah ditarik = kopling setengah ditarik.
Ini berguna untuk mengendari motor kopling di saat macet atau dalam kondisi pelan.

Prinsip menguasai motor kopling:

Intinya adalah kopling dan gas harus seimbang lepas/tariknya.

Kopling ditarik + gas ditarik: Maka mesin akan menderu, tapi motor tidak jalan, karena tenaga mesin tidak sampai ke roda.
Ini biasa digunakan oleh orang untuk menghardik dengan motor.

Kopling dilepas + gas dilepas = motor mati.

Selalu ingat prinsip ini: 

Saat gas dilepas, maka tarik kopling sehingga motor tetap menyala dan tidak mati.

Bagaimana cara memindahkan gigi pada motor kopling?

Cara memindahkan gigi pada motor gigi biasa tanpa kopling adalah dengan melepas gas terlebih dahulu dan memasukkan gigi.

Cara memindahkan gigi pada motor kopling pada intinya sama dengan motor biasa yaitu dengan melepas gas dan memasukkan gigi.

Tapi INGAT aturan motor kopling di atas:
Saat melepas gas, tarik kopling!
kalau tidak motor mati.

Jadi cara menaikkan gigi pada motor kopling atau menurunkan gigi pada motor kopling adalah dengan
lepas gas sambil menarik kopling,
sampai pada posisi gas full dilepas dan kopling full ditarik, pindahkan gigi.

Untuk urutan gigi motor kopling atau transmisi motor kopling bisa kamu lihat urutannya di artikel yang banyak tersebar di internet. Sekali kamu menguasai perpindahan gigi pada motor kopling, maka urutan gigi motor kopling tersebut bisa kamu hapal dengan rajin-rajin mengendarai motor kopling.

Bagaimana cara mengendarai motor kopling saat macet?
Ya itu, berlatih dahulu di jalan sepi.
Setelah itu, belajar untuk membawa motor kopling dengan pelan.

Pada saat macet, yang diperlukan sebenarnya adalah ketenangan.
Ingat aturan:
Saat tidak bisa jalan (macet), maka gas dilepas, berarti kopling harus ditarik.

Saat jalan sedikit, maka tarik gas sambil melepas kopling perlahan. Ingat tarikan kopling dan gas harus seimbang lepas/tariknya. Kalau tidak, motor mati.

Bagaimana kalau motor kopling mati di tengah jalan padahal gigi masuk?

Bila itu yang terjadi, tidak usah panik. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

1. Tarik kopling, lalu dorong motor hingga ke tepi jalan. Jadi, tidak perlu memindah-mindahkan gigi di tengah jalan, karena itu berbahaya,

2. Kalau sudah hapal posisi gigi motor kopling,
Langsung netralkan gigi, tarik kopling, dan starter atau nayalakan motor.
Ada juga motor kopling yang bisa langsung dinyalakan meski gigi masuk.
Caranya, tarik kopling, nyalakan motor.


Ingat: Kopling ditarik itu seperti memisahkan tenaga mesin dari motor atau seperti menetralkan gigi pada motor.

Bila sudah menguasai dengan baik motor kopling, ada satu tips lagi yang bisa kamu terapkan saat menggunakan motor kopling.

Bila sudah biasa menggunakan kopling, kamu akan menyadari bahwa kopling tidak perlu ditarik penuh jika hanya untuk memperlambat motor, terutama saat macet.

Kamu bisa melepas gas, sambil menarik kopling sedikit, untuk menjaga motor tidak mati.

Untuk ini, kamu bisa mengira-ngira dari feeling saja.
Bunyi mesin yang hampir mati, bunyi mesin yang tarikan gas sama koplingnya tidak seimbang bunyinya berbeda dan kamu pasti bisa mengenalinya.


Katanya, tips ini berguna agar kampas kopling tidak cepat habis. Benar ga ya?

Jadi, kapan saja harus menarik kopling pada motor kopling?
1. Saat melepas gas, tarik kopling.
2. Saat memperlambat motor, yang tentu saja sambil melepas gas, tarik kopling.
3. Saat mengerem sambil melepas gas, tarik kopling.
4. Saat berhenti, tidak menarik gas sama sekali, tarik kopling.


Bagaimana menggunakan motor kopling saat di tanjakan?
Saya pernah mengalami mati motor kopling saat di tanjakan.

Posisi tersebut sangat rumit, apalagi bila jalanan tersebut ternyata ramai.
Yang harus dilakukan adalah menarik kopling, sambil menarik rem, sambil menyalakan motor.

Setelah itu, bersiap untuk melepas rem, melepas kopling, dan menarik gas dengan sedikit kuat.

Untuk itu, belajar juga menggunakan motor kopling seperti pembalap.
Yaitu belajar melepas kopling dan menarik rem dengan cepat dan motor tetap nyala dan jalan.

Cobalah sedikit ngebut dengan motor kopling yang mana kamu harus menarik gas dengan cepat dan penuh sambil menarik dan melepas kopling dengan seimbang.

Demikian sejumlah tips agar kamu dapat menguasai motor kopling degan cepat. Mengenai teknis bagaimana cara mengendarai motor kopling bisa kamu cari di internet.

Tips ini berlaku untuk:
Cara mengendarai motor kopling jenis apa saja.

cara menggunakan motor kopling saat tanjakan
cara mengendarai motor satria fu kopling dengan benar
Cara mengendarai motor kopling vixion
cara mengendarai motor kopling saat belok
cara mengendarai motor kopling saat macet
Cara oper gigi satria fu kopling
cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan
cara mengendarai motor satria fu bagi pemula
Cara mengendarai motor kopling bagi pemula.


Itu saja tips kali ini semoga bermanfaat. 


Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik