Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik


Cara Mengatasi  "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi sedikit tips bagaimana caranya mengatasi masalah "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" yang terjadi pada flashdisk.

Hal ini saya alami sendiri semalam (16/6/16). Saat itu, saya sedang meng-copy data dari laptop ke flashdisk dalam ukuran yang lumayan besar. 

Tiba-tiba, tanpa sengaja, kabel colokan laptop ketarik sehingga laptop mati (laptop dalam kondisi tidak menggunakan baterai). Laptop saya mati padahal masih dalam proses menduplikasi file ke flashdisk.

Masalah kemudian terjadi saat saya menyalakan kembali laptop dan terjadilah eror "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada falshdisk.

Masalah "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik


Notifikasi Error seperti itu muncul bertubi-tubi dan sangat mengganggu. Selain itu, file-file yang ada di dalam falashdisk, yang sudah tercopy saat laptop mati tadi menjadi tidak bisa dibaca.


Dari hasil penelusuran saya sendiri di internet, ada banyak hal yang menjadi penyebab masalah flashdisk jadi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set". Diantaranya adalah karena flashdisk tidak tercabut dengan benar atau karena virus.

Untuk cara mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada flasdiks ada beragam cara sesuai kasus atau masalah yang menimpa flashdisk.

1. Menghapus file corrupt atau file rusak dari flashdisk.

Masalah erorr pada flashdisk di atas muncul karena flashdisk dicabut padahal masih beroperasi. Akibatnya banyak file rusak dan tidak selesai hadir dalam flashdisk. Dan file ini dalam kondisi hidden di dalam flashdisk.

Untuk menampilkan hidden file yang rusak ini, maka ubahlah pengaturan windows explorer. 

  1. Buka Windows explorer,
  2. Klik organize,
  3. Pilih folder and search option.
  4. Carilah pada menu tersebut pilihan "show hidden folder, file and drivers" dan pilih.

Setelah melakukan langkah di atas, seharusnya file dan folder yang rusak akan muncul. Hapuslah semua folder dan file (rata-rata berukuran 5 kb) yang rusak tersebut agar masalah "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" tidak muncul lagi.

2. Format Flashdisk

Pada kasus saya, cara di atas tidak mempan karena tidak ada hidden file yang muncul saat saya mencoba untuk menampilkannya.

Karena tidak mau ribet, saya pun memilih untuk memformat flashdisk. 
Backup terlebih dahulu file dan folder penting yang ada dalam flashdisk.
Note: Pada kasus error yang saya alami, file yang rusak adalah file-file yang sedang saya copy-kan saat laptop mati.
Jadi, file yang sebelumnya sudah ada di flashdisk dalam keadaan aman.
File yang ada dan utuh tersebutlah yang saya pindahkan ke laptop sebelum memformat flashdisk.


Untuk cara memformat flashdisk tentu sudah tahu bukan?
Klik kanan pada menu removable f atau partisi flashdisk kamu,

Pilih menu format.
Format flashdisk.

Setelah diformat, flashdisk kembali kosong. Masalah "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" tidak muncul lagi. Flashdisk bisa digunakan seperti biasa.

Untuk mencegah masalah "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" terulang kembali, sangat saya anjurkan untuk "eject" atau safely remove hardware terlebih dahulu setiap kali akan mencabut flashdisk.

semoga membantu.





Comments

  1. terima kasih infonya, saya sudah coba dan berhasil :)

    ReplyDelete
  2. Lantas, bagaimana cara mengembalikan data yg dari hp kita pindah ke flasdisk trsebut namun belum juga pulih. Bagaimana memulihkan nya, stelah flasdisk tidak eror sehabis di format?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak