Cara Mengakhiri Chat Di Shopee Bila Customer Chat Terus?

  Hai kawan-kawan, selamat datang kembali di blog saya. Di blog ini saya akan berbagi tips dan trik Shopee,info update shopee, dan cara mengatasi permasalahan di shopee sepanjang pengetahuan saya. Ikuti blog ini untuk selalu mendapat update terbaru tentang shopee.


Bagaimana cara mengakhiri chat di shopee?

Customer balas chat terus, gimana cara menyudahi percakapan di shopee?

Bagaimana cara membalas chat shopee agar persentase chat dibalas tinggi.

Takut persentase chat menurun karena tidak balas chat di shopee.

Demikianlah sejumlah pertanyaan yang saya rangkum terkait persentase chat di shopee. Intinya adalah penjual takut persentase chat dibalas menurun kalau tidak balas chat customer. Terkadang seller sudah balas chat, tapi customer balas terus, sementara banyak hal lain yang harus dikerjakan.

Jadi, cara agar persentase chat dibalas di shopee tetap tinggi, penting untuk selalu membalas chat customer. Lalu bagaimana sistem hitungan persentase chat dibalas di shopee ini?


Chat yang dihitung dibalas adalah chat masuk dari customer yang dibalas seller kurang dari 12 jam. Ini info terakhir yang saya dapat. Silahkan dikoreksi.

Jadi bila kamu seller shopee, dan ada chat masuk kamu punya waktu maksimal 12 jam untuk membalas chat tersebut. Membalas chat lebih dari 12 jam, maka tidak masuk hitungan. Membalas chat lebih dari 12 jam seller dianggap tidak membalas chat yang berakibat pada menurunnya persentase chat dibalas di shopee. Ini adalah info terakhir yang saya dapat ya.

Jadi bagi yang bertanya bagaimana cara meningkatkan persentase chat dibalas di shopee ya beginilah caranya. Balas semua chat kurang dari 12 jam.

Tapi, walaupun ada waktu 12 jam, usahakan untuk membalas chat secepatnya. Selain persentase chat dibalas, lama membalas chat customer juga dihitung. Semakin lama membalas membalas chat, maka peluang closing akan menurun. Buat yang berbelanja di shopee mungkin pernah baca, di laman toko penjual ada tulisan persen chat dibalas dalam waktu sekian. Waktu balas chat yang lama bisa bikin customer berpaling ke toko lain. Jadi penting untuk membalas chat dengan cepat.

Meskipun disarankan untuk membalas chat di shopee, ada beberapa pengecualian yang dibuat oleh Shopee perihal persentase chat dibalas.

Chat yang tidak harus dibalas di shopee

Pesan broadcast dan pesan game tidak dihitung sebagai chat yang harus dibalas. Jadi buat kamu yang tokonya rame dengan chat game dan broadcast, tidak perlu dibalas. Tidak perlu takut persentase chat dibalas di shopee menurun. 

Awalnya saya juga bingung. Di toko saya banyak sekali chat broadcast dan chat siram air shopee. Tidak mungkin untuk membalas semua chat tersebut kan. Ternyata chat semacam itu tidak harus dibalas. Yang perlu dibalas adalah chat dari customer.

Bagaimana kalau customer balas chat terus di shopee?

Pertanyaan semacam ini juga banyak ditanyakan oleh seller shopee. Karena takut persentase chat dibalas menurun, maka akhirnya balas berbalas chat dengan customer. Hal itu tentu sangat tidak berfaedah sekali. Lalu bagaimana?

Chat dibalas yang dihitung untuk persentase chat dibalas adalah yang pertama. Saat customer chat, balasan chat pertama kamulah yang dihitung. Jadi berapa lama jedanya, itulah yang dihitung. Setelah itu bila sudah menjawab pertanyaan customer tidak perlu lagi membalas chat.

Tidak usah takut jadi yang terakhir membalas chat di shopee lalu persentase chat dibalas di shopee menurun. Tidak seperti itu.

Pentingnya mengurangi chat yang tidak perlu dari customer di shopee.

Yang jualan di shopee pasti menyadari bahwa pertanyaan customer di shopee itu kurang lebih sama satu dengan yang lain. Dan kadang kita repot juga membalas chat yang sama ke setiap orang yang bertanya di shopee.

Untuk mengurangi hal itu, buatlah deskripsi produk selengkap mungkin. Lengkapi deskripsi produk dengan pertanyaan yang sering diajukan oleh customer.

Chat yang sering ditanyakan customer shopee adalah

Barang ready?

Ongkir berapa?

Sekilo muat berapa?

Pengiriman darimana?

Packing nya pakai dus ga?

Dll

Cara mengurangi pertanyaan tidak perlu dari customer di shopee.

Jawab semua pertanyaan itu di deskripsi produk. Jadi sebelum mereka bertanya, mereka sudah baca terlebih dulu. Memang masih banyak customer shopee yang tidak membaca deskripsi produk sebelum bertanya. Tapi setidaknya ini bisa mengurangi chat masuk yang tidak perlu dari customer yang rajin baca deskripsi.

Bagaimana cara mengatasi customer yang malas membaca deskripsi produk dan rajin chat di shopee.

Sama seperti di atas, jawab pertanyaan yang sering diajukan tersebut, dan tulis di auto reply atau penjawab otomatis. Jadi begitu mereka chat, mereka bisa langsung mendapat jawaban nya.

Bagi toko yang sudah rame, terkadang waktu kita sudah habis untuk packing barang, jadi mengurangi chat yang tidak perlu itu sangat membantu seller. Terkadang banyak hal yang bisa dilakukan daripada menjawab pertanyaan customer di shopee yang itu ke itu saja.

Bagaimanpun tetap jaga komunikasi dengan customer.

Jadi topik kita kali ini sudah terjawab ya. Bagaimana mengakhiri chat dengan customer shopee yang balas chat terus.

Tidak perlu takut jadi yang terakhir balas chat di shopee untuk menjaga persentase chat dibalas atau performa chat shopee. Yang penting chat dibalas dengan cepat, chat pertama itulah yang dihitung.

Oke, semoga bermanfaat.

Ikuti toko saya di shopee @istimewaa. Kalau mau berbelanja boleh. Mau bimbingan untuk membuka toko online di shopee juga boleh. Ikuti blog ini, biar saya rajin update seputar tips dan trik tutorial Shopee Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik