Tips Membeli HP Baru, Jangan Sampai Terlewatkan


Beberapa waktu yang lalu saya membeli sebuah smartphone untuk keperluan usaha saya. Karena untuk keperluan usaha, saya membutuhkan smartphone dengan performa tangguh namun sengan harga yang terjangkau. Atau setidaknya worthed dengan kekuatan hapenya.

Setelah lama memilih, akhirnya pilihan jatuh kepada smartphone keluaran xiaomi yaitur redmi note 2. Pada saat membeli saya sudah mengecek berbagai hal yang perlu dicek agar smartphone tersebut bisa aman digunakan dan tidak bermasalah di kemudian hari. Akan tetapi, setelah dipakai beberapa lama, mulai terasa ada sedikit hal yang mengganggu yang saya temukan di hape ini yang sehgarusnya bisa dihindari bila saya memeriksa lebih teliti.

Ada banyak sekali tips yang anda bisa temukan di internet untuk mendapatkan hape yang baik dan tidak bermasalah terutama dari segi fungsinya.

Berikut ini tips membeli hape baru dan apa saja yang harus diperiksa agar tidak salah beli:

1. Pastikan produk smartphone yang anda beli original
Wajib, tidak perlu dijelaskan lagi ya.
Salah satu tempat untuk membeli produk smartphone yang terjamin keasliannya adalah di outlet resmi. Hanya saja harganya tentu akan sedikit berbeda dari toko hape biasa.

2. Pastikan ada garansinya dan pastikan pengurusan garansinya mudah.

Setiap membeli hape baru terutama di tempat resmi pasti diberi garansi. Akan tetapi yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana proses kemudahan garansinya.

Pada kasus saya, kalau terjadi apa-apa, maka pengurusan garansinya harus ke pusatnya yang ada di bilangan Jakarta sedangkan saya tinggal di daerah Depok. Kalau ada apa-apa dan perlu mengurus garansi, tentu harus jauh-jauh ke Jakarta sementara saya sudah sibuk dan segala macam urusan di Depok.

3. Cek Selengkap Mungkin dan sedetail mungkin Smartphone yang telah dibeli.

Setelah deal membeli hape, coba periksa hape secara menyeluruh baik dari segi fisik maupun dari segi fungsi aplikasi. Kalau perlu bikin daftar yang harus di cek.

Biasanya yang dicek adalah kamera, microphone, loudspeaker, speaker, sinyal bluetooth, gps, wifi, dll. Pastikan apakah semuanya berfungsi dengan baik atau tidak.

Pada kasus saya, saya kecolongan.
Kamera ok, speaker ok, microphone oke. akan tetapi saat menggunakan ok google atrau perintah suara, ada notifikasi " microphone tidak terdeteksi".

Padahal untuk merekam suara biasa, akan tetapi pas menggunakan untuk perintah suara tidak terdeteksi. Entah dimana masalahnya.

4. Bila tidak membeli di outlet resmi pastikan hape aman dari virus dan aplikasi mengganggu

Pengalaman pribadi saya, saya membeli smartphone redmi note 2 di salah satu toko di pusat perbelanjaan Depok. Setelah dicek sana-sini dan dirasa aman mulailah dibawa ke rumah dan baru terasa ada beberapa kejanggalan diantaranya.

Batrai langsung drop.
banyak iklan ga jelas yang muncul di layar utama dan tentu saja sangat mengganggu


Masalah batrai yang nge-drop, saya coba akali dengan melakukan kalibrasi batrai hape android yaitu dengan manghabiskan daya batrai, lalu cas sampai full baru dinyalakan. Setelah dilakukan beberapa kali, batrai tidak terlalu nge drop lagi walaupun tidak terbilang tahan lama.

Masalah iklan sampai sekarang masih saja mengganggu dan belum teratasi.

Dan satu hal lagi,
Saya membeli hp redmi note 2 setelah melihat hape redmi note 2 yang lebih dulu dibeli oleh ibu saya. Namun setelah diteliti, ternyata ada perbedaan antara redmi note 2 yang saya beli dengan punya ibu.

Setelah saya cek spek hape nya ternyata baru ketahuan bahwa hp ibu saya, yang katanya redmi note 2, adalah hape redmi note 1w. Padahal hape tersebut dibeli ibu di gerai smartphone ternama yang mengungkapkan bahwa hape yang dijualnya adalah redmi note 2.

Ternyata membeli hape di gerai ternama pun tetap harus hati-hati.

Setelah saya cari tahu, tidak ada yang membahas perbedaan antara redmi note 2 dan redmi note 1w.

Dapur pacunya pun sama yaitu redmi note 2 dan redmi note 1w sama-sama menggunakan prosesor octacore dengan memory ram/rom 2/16 GB.

Secara fisik, perbedaan antara redmi note 2 dan redmi note 1w yang saya lihat adalah posisi speaker belakangf, posisi kamera, posisi lubang charger. Selain itu yang perbedaan yang cukup kentara adalah redmi note 2 lebih tipis dan lebih ringan daripada redmi note 1w.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik