Cara Menyetel Waktu dan Tanggal di Komputer dengan Akurat dan Otomatis




Beberapa waktu yang lalu komputer saya mengalami sedikit eror. Saat dinyalakan, wktu di komputer, baik jam maupun tanggal tidak akurat. Bahkan, tanggal dan waktu di komputer disetel ke tahun awal pembuatan setiap kali komputer dinyalakan.

Kemungkinan penyebab waktu di komputer yang tidak setel ini karena komputer tersebut tidak saya nyalakan selama lebih dari dua minggu. Sampai sekarang saya masih belum menemukan solusi agar komputer tersebut bisa mengatur waktunya secara otomatis lagi setiap kali dinyalakan.

Sejak saat itu, saya harus menyetel waktu di komputer setiap kali menggunakan komputer. Hal ini tentu saja cukup merepotkan karena saya terbilang sering menggunakan komputer.

Selang beberapa hari seperti itu, akhirnya saya menemukan fitur yang cukup berguna untuk menyetel waktu secara otomatis dan akurat. Untuk bisa menyetel waktu di komputer secara akurat, kamu perlu menghubungkan komputer kamu ke internet karena kita akan melakukan permintaan setelan waktu ke server windows.

Caranya menyetel waktu di komputer dengan akurat dan otomatis:

1. Setelah pc terhubung dengan internet, klik lah menu tanggal yang ada di kanan bawah monitor pc kamu.
2. Carilah menu "change date and time setting".
3. Setelah terbuka, akan muncul menu pengaturan jam dan tanggal.
4. Pada bagian tab di atas, klik 'internet time'


5. Setelah membuka menu internet time, maka buka lagi menu "change setting"

6. Setelah itu kamu akan menemukan server time.windows.com. Itu adalah server dari windows untuk menyetel waktu di komputer kamu dengan akurat dan otomatis. agar bisa menyetel waktu di komputer menggunakan internet, maka kamu komputer kamu perlu terhubung ke internet.



7. Klik 'update now'.
8. Tunggu sebentar sampai windows membenarkan pengaturan waktu dan tanggal di pc kamu.

Semoga bermanfaat.

Meskipun cukupo berguna, namun cara ini tidak bisa memperbaiki setelkan waktu komputer yang kembali ke pengaturan awal setiap kali komputer dinyalakan.
Ada yang bisa membantu?

Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik