Cara Ampuh Belajar Memperbaiki Motor Sendiri (Update!)



Belajar memperbaiki motor sendiri adalah hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan. Bila bisa memperbaiki motor sendiri, maka frekuensi ke bengkel bisa dikurangi sehingga kamu pun bisa menghemat pengeluaran untuk ke bengkel.

Kebanyakan orang, ingin mencoba untuk memperbaiki motornya sendiri, akan tetapi, mereka tidak mau melakukannya karena takut salah. Karena tidak paham mesin, nanti salah-salah, motor yang diperbaiki malah makin rusak.

Pada tulisan ini, saya akan berbagi tips ampuh bagaimana cara memperbaiki motor sendiri. Tips kali ini saya tujukan untuk perbaikan-perbaikan sederhana seperti mengganti aki, mengganti lampu motor, mengganti oli, dan sebagainya. Sesuatu yang sebenarnya tidak memerlukan kemampuan teknis atau ilmu yang beribet.

Untuk masalah motor tidak bisa nyala atau masalah berat lainnya, mungkin bisa diserahkan langsung ke ahlinya, namun kalau sekedar mengganti oli, mengencangkan baut, mengganti lampu, mengganti busi, dan semacamnya, kamu pasti bisa mempelajarinya.

Yang paling penting dalam memperbaiki motor adalah alatnya. Orang-orang selama ini tidak bisa menganti sendiri hal-hal di atas karena tidak memiliki alatnya misalnya alat untuk membuka busi, kunci pas untuk membuka penutup oli, obeng untuk membuka kap lampu, dan sebagainya.

Jadi yang pertama kamu butuhkan untuk belajar memperbaiki motor adalah memiliki alat-alatnya.

Setelah itu, masuk ke dalam tahap pembelajaran. Bila kamu benar-benar masih awam, cobalah ganti oli, ganti busi, dll ke bengkel. Dan..., perhatikan bagaimana cara montir melakukannya. Kalau bisa, bertanyalah sebanyak mungkin mengenai hal-hal yang mungkin perlu diketahui.

Setelah itu, bila terjadi masalah yang sama, cobalah untuk memperbaikinya sendiri. Tidak perlu takut salah. Kalau salah, toh tinggal antar ke bengkel. Bilang saja, tadi coba perbaiki sendiri, malah jadi begini. Dan..., tanyalah kenapa tadi bisa salah memperbaikinya.

Thats all.

Gampang bukan??
Hal itu bisa kamu terapkan untuk perbaikan-perbaikan ringan di motor kamu. Untuk maslaah serius yang terjadi di motor, saya sarankan untuk mengantar motor ke bengkel langsung biar ditangani oleh ahlinya langsung.


Semoga bisa memperbaiki motor sendiri.
Makin paham motor, makin ngerti motor sendiri.



Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik