Biaya Turun Daya Listrik PLN Terbaru 2016


Beberapa waktu belakangan, saya dipusingkan dengan biaya tagihan listrik yang luar biasa. Tagihan listrik tersebut mencapai lebih dari 200.000 - 250.000 per bulan. Sebagai informasi, daya listrik yang digunakan adalah yang 1.300 Va pasca bayar.

Mengapa saya begitu shock?
Karena alat elektronik yang saya pakai tidak seberapa.
Alat elektronik yang saya gunakan hanya tv, kipas, lampu, dan pompa air.


Dengan pemakaian yang tidak seberapa tersebut, tarif listrik yang harus dibayar setiap bulan sangat mahal. Untuk itu, saya pun mulai memikirkan untuk menurunkan daya listrik di rumah. Bukan apa-apa, dengan tarif listrik yang sebesar itu, walaupun saya bukan termasuk keluarga miskin, tarif itu sangat membebani. Tarif listrik PLN gila.

Saat saya mengajukan komplain terhadap harga tarif bulanan listrik yang sangat mahal, ptugas PLN hanya bilang bahwa memang harga rata-rata biaya bulanan listrik untuk daya 1300 VA memang berkisar segitu?

Apa??
Jadi biaya dua ratus ribu lebih sebulan untuk warga yang tidak masuk kategori miskin dan tidak masuk kategori mewah tersebut adalah wajar?
sakit jiwa.


Orang ga miskin bukan berarti orang itu punya banyak duit. Sampai menarifkan segitu mahal. 

Di tengah segala harga naik setiap tahun, para penyelenggara negara ikut memeriahkan pesta kenaikan harga dengan menaikkan segala tarif dasar kebutuhan masayarakat.

Tapi ya sudahlah, semoga ke depan Indonesia bisa dipimpin oleh pemimpin yang lebih baik. Yang paham bahwa listrik, air, gas, dan segala macam yang menyangkut hajat hidup orang banyak adalah untuk dikelola negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Bukan untuk mencari keuntungan.

Karea saya tidak punya pengaurh dan kuasa, ya sudahlah.
Saya kemudian menghubungi call center PLN untuk menanyakan biaya turn daya listrik dari 1.300 VA ke 900 VA.


Dengar-dengar dari petugas PLN, orang PLN, biayanya mencapai lebih dari 500.000 rupiah. Tapi saya tidak yakin, saya kemudian menanyakan berapa biaya menurunkan daya listrik dari daya 1300 ke 900. Jawabannya adalah gratis.

Biaya turun daya termasuk kepada permintaan untuk perubahan layanan.
Oleh karena itu, pengguna lama tidak akan dikenakan biaya untuk menurunkan daya karena tidak termasuk layanan pasang baru atau pelanggan baru.


Hanya saja, untuk menurunkan daya listrik dari 1400 VA ke 900 VA hanya berlaku untuk kalangan keluarga yang berada dalam lindungan pemerintah atau keluarga kurang mampu. Untuk itu, pelanggan yang ingin menurunkan daya listriknya harus menyerahkan salah satu dari kartu perlindungan sosial (KPS), kartu indonesia pintar (KIP), atau kartu lainnya yang menandakan bahwa pelanggan tersebut termasuk warga yang dilindungi.


Dari percakapan dengan customer service PLN, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa:
1. Biaya turun daya dari 900 ke 450 adalah gratis (syarat: keluarga kurang mampu).

2. Biaya turun daya dari 1300 VA kw 450 VA juga bisa gratis. Syaratya harus dari keluarga kurang mampu.
3. Biaya naik daya dari 450 VA ke 900 VA adalah gratis.
4. Biaya naik daya listrik dari 450 VA ke 1300 VA adalah gratis.


PLN hanya menarik biaya dari pengguna baru, pelanggan baru, atau pasang meteran listrik baru.

Tarif turun daya listrik dan naik daya listrik di atas berlaku untuk listrik pra bayar dan pasca bayar.

Tarif PLN lainnya yang perlu kemau ketahui adalah:

Tarif pasang meteran pascabayar baru, pelanggan baru PLN adalah berkisar 800ribuan.

Tarif pasang meteran listrik pra bayar baru berapa ya?
Saya lupa menanyakannya, ada yang tahu?

Sedikit catatan penting dari blog sebelah:

Yang paling menyebalkan dari oknum petugas PLN, yang membuat nama PLN buruk adalah kebiasaan para petugasnya meminta uang rokok setelah selesai melakukan pengerjaan.

Uang rokok ini bisa dibilang adalah ke-BANGSAT-an oknum petugas PLN.

Kenapa?
Karena orang ingin menurunkan daya listrik karena mereka terbebani dengan biaya listrik yang mahal. Mereka ingin menurunkan biaya listrik agar bisa mendapat biaya listrik bulanan lebih murah.


Akan tetapi hal ini dimanfaatkan oleh oknum petugas PLN bangsat sebagai lahan mencari duit.

Banyak sudah kasus yang saya alami langsung atau pun saudara saya tentang kebangsatan dari oknum petugas PLN yang busuk ini.

Seperti:

Kasus 1:

Saudara saya pernah kemalingan meteran listrik.
Meteran listrik pra bayarnya di curi orang, saya tidak tahu untuk apa.

Sebagai solusi dari PLN, saudara saya ini harus memasang meteran baru dan mendaftar sebagai pelanggan baru yang itu artinya mereka harus membayar lagi biaya pasang baru yang tidak murah. 

Dan agar meteran listrik ini tidak dicuri lagi, saudara saya ingin meterannya dipasang di dalam rumah. Dan petugas PLN bangsat mematok tarif biaya pasang dalam rumah sebesar 150.000 rupiah per meter. Setelah dihitung panjang kabel yang diperlukan mencapai 2 meter alias 300.000 untuk memasang meteran listrik di dalam.

Petugas bangsat.
Saudara saya merugi, dimaling orang, harus bayar lagi ratusan ribu untuk pasang meteran baru, dan itu pun dirampok oleh oknum petugas PLN. 
Kejadian ini terjadi di Rawa Geni.

Sayangnya tidak ada bukti.
Saudara saya hanya pasrah saja menuruti kemauan si petgas PLN bangsat tersebut.
Lagipula, mau lapor kemana ya.

Tidak ada hukum yang pasti untuk oknum busuk seperti itu padahal mereka melakukan pemerasan, sama halnya seperti perampok. Lebih parah dari perampok.

Catatan dari blog sebelah tentang menurunkan daya dari 1300 VA ke 900 VA listrik prabayar:

Biaya penurunan daya listrik sebenarnya gratis/hanya memberi uang rokok/Rp.20.000 saja. Itu pun kalau pelanggan berkenan, karena sebenarnya gratis, tis, tis. Orang PLN itu sudah digaji oleh pemerintah untuk melakukan tugasnya.


Biasanya petugas PLN yang datang 2 orang, Dan sejauh ini, bila anda kebetulan bertemu petugas PLN yang rakus dan bangsat, mereka tanpa sungkan dan malu akan memasukkan uang rokok sebagai salah satu biaya yang sekenanya, sebaiknya dibayar. 

Sayangnya, saat penggantian, petugas biasanya menyarankan agar 4 ampere ke 6 ampere.
Petugas kemudian akan meminta biaya  sebesar 150ribuan kepada pelanggan, tapi saya sarankan untuk tidak mengganti ke yang 6 ampere.

Dan bila yang dirumah hanya ada istri, bila ditawarin untuk ganti yang 6 ampere, bilang saja uangnya belum ada, dan minta nomor petugasnya bila sewaktu-waktu diperlukan.

Ingat kita harus baik-baik kepada oknum petugas PLN yang brengsek ini sebrengsek apa pun mereka. Kita atau pelanggan berada dalam posisi tidak mengerti listrik, dan salah-salah mereka bisa dengan sengaja melakukan pengerjaan dengan asal seperti yang dialami oleh mertua saya.

Catatan penting:
Sebenarnya ada banyak juga petugas PLN yang jujur. Banyak juga petugas PLN yang bekerja sesuai prosedur, tidak menarik bayaran. Hanya saja keberadaan mereka tertutup oleh oknum-oknum busuk tersebut.

Semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik