Esia Bangkrut? Esia Sudah Tidak Ada Lagi?



Esia bangkrut?

Beberapa hari yang lalu saya mampir ke counter handphone untuk mengambil hape yang sudah selesai diservis. Karena kebetulan lag berada di counter, saya langsung menanyakan nomor perdana esia. Istri saya punya hape esia yang sudah lama tidak terpakai dan hape tersebut ingin digunakan kembali. Tentu saja agar bisa dipakai lagi, kartunya harus diganti dengan yang baru.

Saat bertanya soal esia tersebutlah saya terkejut. Kenapa? Karena orang counternya bilang esia sudah tidak ada lagi. Esia sudah bangkrut. Meskipun cukup kaget, saat itu saya hanya bergumam saja mengomentari hal itu.

Berarti hape esia yang tidak terpakai itu musti diapain lagi ya?

Sesampai di rumah, saya kemudian mencari info terkait hal itu. Dengan mengetikkan kata esia bangkrut di laman pencari, akhirnya muncul sejumlah berita dan artikel yang membahas kebangkrutan esia.

Ternyata apa yang dikatakan oleh petugas counter tersebut sebagian benar.


Jaringan esia ditutup.

Ternyata, sejak sebelum tahun 2016 ini, Esia telah menutup layanan paket data mereka. Langkah itu ternyata adalah langkah bertahap yang mereka lakukan untuk mengurangi layanan esia. Hal itu dilakukan esia karena ternyata mereka merugi triliunan rupiah selama beberapa tahun terakhir.

Sejak Januari 2016, Esia perlahan-lahan mulai menonaktifkan layanan dasar mereka seperti telepon dan sms untuk semua wilayah kecuali Jakarta dan Bandung.

Terkait hal itu, Esia langsung mengumumkan bahwa mereka mulai melakukan penutupan secara bertahap melalui sms kepada semua pelanggan esia.

Pengumuman penutupan layanan oleh Esia
Pelanggan Yth, penghentian layanan kami di area Anda akan dilakukan bertahap mulai 1 Januari 2016,

Daftar kota yang layanannya sudah ditutup oleh Esia adalah Semarang, Mojokerto, Jember, Malang, Solo, Klaten, Wonogiri, Yogyakarta, Tegal, Magelang, Salatiga, Surabaya, Pasuruan, Kediri, Boyolali, Purwokerto, dan Cilacap.


Jaringan esia masih ada?

Meskipun layanan esia sudah ditutup, perwakilan esia mengungkapkan bahwa esia akan terus beroperasi di wilayah Jabar, Banten, dan Jakarta.

Sumber lain menyebutkan bahwa Jaringan esia masih ada di Jakarta dan Bandung.

Itu berita dari bulan Maret lalu. Tidak tahu kalau sekarang.


Ada yang menggunakan esia ?


Update:

Selain esia, ada juga yang bertanya soal wifone.
Wifone adalah telepon tanpa kabel dengan menggunakan jaringan esia. Wifone menggunakan kartu esia.


Dengan penutupan jaringan esia, bisa dipastikan jaringan telepon wifone juga terganggu.




Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik