Tips Membeli Kartu Memory untuk HP - Perhatikan Class nya


Belum lama ini saya mampir ke sebuah counter hp untuk membeli memory card. Memory card tersebut saya butuhkan karena hape yang belum lama saya beli masih belum memiliki kartu memory eksternal. Pada saat membeli kartu memory ini, saya mengalami pengalaman menarik yang tidak ada salahnya saya bagi agar anda yang berniat untuk membeli kartu memory tidak salah dalam membeli kartu memory eksternal memory anda.

Tips Membeli Kartu Memory Eksternal untuk HP.

1. Belilah Kartu memory HP Original (WAJIB!)

Berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman banyak orang lainnya, kartu memory bajakan sangatlah tidak disarankan untuk digunakan. Walaupun harganya murah akan tetapi kualitasnya sangat payah.

Kekurangan Kartu memory bajakan diantaranya adalah gampang rusak. Kalau tidak rusak pun memory tidak bisa diisi dengan file apa pun. Bila bisa diisi, file rentan rusak dan tidak bisa dibuka lagi.

Jadi membeli kartu memory original wajib hukumnya demi keamanan data anda.
Sedikit oot, Hal yang sama juga berlaku pada flashdisk. Bila anda ingin membeli flashdisk, maka belilah flashdisk original walaupun harganya lebih mahal. Karena flashdisk bajakan juga sangat rentan rusak.

2. Belilah kartu memory Hp sesuai kebutuhan dan kemampuan

Belum lama ini saya membeli hape keluaran baru yang kameranya lumayan bagus hingga 13 mega piksel. Dengan resolusi setinggi itu, maka ukuran file foto dan video yang ditangkap pun akan semakin besar. Sehingga bila saya membeli kartu memory ukuran 8 gb sebentar saja tentu akan penuh. belum lagi aplikasi ini itu yang saya pasang di hape dan memakan ruang memory.

Oleh karena itu, bila anda membeli hape keluaran baru dengan resolusi kamera yang besar dan banyak aplikasi, maka kartu memory standar yang sebaiknya anda beli adalah ukuran 16 GB.

Kalau punya dana lebih langsung saja beli kartu memory ukuran 32 GB, 64 GB, atau bahkan 128 GB. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi ruang di memory tidak cukup.

Lain halnya bila anda membeli hape entry level yang resolusi kameranya tidak terlalu besar, tidak banyak memasang aplikasi, dan tidak banyak menyimpan lagu-lagu, maka memory ukuran 8GB pun sudah cukup kiranya.

3. Perhatikan class kartu memory HP yang akan anda beli

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sangat menyarankan anda untuk memperhatikan class memory yang anda beli. Coba lah perhatikan kemasan kartu memory tersebut disana anda akan menemukan tulisan class 0, class 2, class 4, class 6, dan class 10.

Saat membeli memory, saya malah dikasih memory 16 GB class 6. Tentu saja saya tidak mau, kenapa? Karena di tempat itu harganya sama saja dengan memory 16 GB class 10. Akhirnya saya pindah ke tempat lain untuk membeli kartu memory 16 GB class 10.

Kartu memory keluaran baru yang sekarang direkomendasikan adalah yang class 10. Silahkan

Apa kelebihan kartu memory class 10 daripada class 6, class 4, dan lainnya?

Kelebihan utamanya yang jelas adalah dalam hal kecepatan memproses data. Saat mengcopy file apalagi dalam ukuran besar hingga ratusan mb, maka memory class 10 akan menyelesaikan prosesnya dengan lebih cepat daripada memory card class 6.

Sebenarnya ada lagi kartu memory yang lebih cepat proses datanya dari class 10, akan tetapi harganya jauh lebih mahal dan biasanya digunakan oleh para profesional yang berkutat dengan file ukuran besar dan berat.


Demikian sedikit tips dari saya bagi anda yang ingin membeli kartu memory eksternal untuk hape anda.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik