Jaringan CDMA di Indonesia Akhirnya Dimatikan


Per Tanggal 1 November 2017, salah satu provider cdma di Indonesia, yaitu Smartfren, resmi menutup layanan dalam jaringan cdma mereka. Itu artinya, para pengguna yang masih menggunakan kartu cdma kini tidak bisa lagi menggunakan kartu mereka.

Sebagai tindak lanjut dari langkah tersebut maka operator tersebut kini fokus dalam mengembangkan layanan dengan jaringan 4G.

Meskipun isu seputar akan ditutupnya jaringan cdma sudah lama beredar, namun setelah benar-benar ditutup kini baru kita dapat merasakan beberapa hal yang luar biasa.

Yang pertama, era telekomunikasi kita kini perlahan telah melangkah menuju 4G. Hal ini merupakan catatan penting dalam sejarah perkembangan telekomunikasi kita.

Kedua, jaringan CDMA, yang tidak pernah benar-benar bisa merebut hati pelanggan Indonesia kini harus menyerah pada kemajuan teknologi.

Ketiga, walaupun saya juga jarang menggunakan jaringan cdma, terasa juga bahwa kini generasi telah beralih. Waktu telah jauh berputar semenjak CDMA dulu pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

bye CDMA.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik