Pengalaman Berjualan di Shopee Menggunakan Gratis Ongkir



Pengalaman berjualan di Shopee dengan gratis ongkir

Sejak beberapa waktu belakangan, saya mendengar ada promo gratis ongkir dari shopee. Dengan promo gratis ongkir tersebut, pembeli dapat membeli barang dengan bebas tanpa memikirkan biaya ongkos kirim yang lumayan.

Di sisi penjual, promo gratis ongkir ini sangat membantu mendongkrak penjualan mereka. Dengan begitu semakin banyak transaksi yang terjadi di Shopee,

Saya yang juga ingin mencoba berjualan di shopee pun sudah merasakan. Berjualan di shopee sekarang sedang kencang, terutama dengan promo gratis ongkir tersebut.

Namun berjualan di shopee dengan sistem gratis ongkir ini bukan tanpa kendala. Ada sejumlah pengalaman yang terjadi saat saya berjualan di shopee menggunakan gratis ongkir.

1 Mendaftar gratis ongkir shopee cukup ribet, terutama bagi pengguna baru.

Proses mendaftar gratis ongkir untuk penjual di shopee sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengisi form pendaftaran gratis ongkir yang disediakan oleh shopee.

Saya sudah mendaftar program gratis ongkir. Setelah menunggu beberapa hari, tidak ada respon. Kemudian saya kontak cs shopee, dan toko inline saya pun terdaftar ke dalam promo gratis ongkir shopee.

Tak lama pesanan datang. Barang yang dipesan dibayar pembeli seharga produk. Saya kira karena sudah masuk gratis ongkir. Setelah diperhatikan lagi, ternyata barang yang dipesan oleh pembeli belum masuk ke gratis ongkir. Malah statusnya dimasukkan ke "ongkir ditanggung pembeli". 

Jadi deh, pesanan saya batalkan dan mendapat komplain dari pembeli.

Untungnya sekarang sudah bisa. Semua produk yang saya jual sudah berstatus gratis ongkir shopee.

2. Server JNE Error, Nomor resi tidak terlacak

Menjelang lebaran (minggu-minggu terakhir Ramadan 2016), server JNE error atau maintennance akibat kebanjiran pengunjung mungkin.

Akibat error tersebut, shopee tidak bisa melacak nomor resi barang yang kita kirim.
Artinya apa?
Artinya bila nomor tersebut tetap tak terlacak, barang kiriman tersebut terancam tidak akan ditanggung shopee. 


Kontan hal itu sangat mengkhawatirkan, karena bila itu terjadi, bukannya untung malah buntung.

Untungnya shopee memaklumi keadaan tersebut dan meminta para penjual yang tidak bisa memasukkan resi untuk mengklaim gratis ongkir mereka dengan menunjukkan bukti resi yang dimiliki penjual.

3. Program Tutup Toko Shopee (Libur) tida ada


Menjelang lebaran 2016 ini, saya mendapat notifikasi dari shopee bahwa kini ada fitur toko libur di shopee. Fitur toko libur shopee tersebut dapat diaktifkan sehingga para penjual bisa lebaran tanpa diganggu oleh pesanan yang terus saja masuk.

Pada notifikasi tersebut, shopee juga memberitahukan bagaimana caranya untuk mengaktifkan fitur toko libur shopee untuk menutup toko shopee sementara.

Akan tetapi, setelah saya ikuti tutorialnya, tidak ada fitur toko libur tersebut. Menu toko libur yang katanya ada di bagian pengaturan toko sama sekali tidak ada. 

Akibatnya toko shopee saya tidak bisa ditutup sementara. Sampai saat ini, saya terus menerima chat dari pelanggan yang ingin memesan produk saya.




Demikian beberapa pengalaman saya berjualan di shopee. Meskipun ada kendala yang menghadang, namun potensi untuk berjualan di shopee sebenarnya cukup bagus. Semoga shopee terus semakin baik ke depannya.

Apa ada yang punya pengalaman yang sama?
Atau ada yang punya pengalaman lain saat berjualan di shopee?








Comments

  1. Hi, salam kenal.. mau nanya ni.. sy pengguna baru shopee.. baru dapat orderan.. tp ternyata di kolom ongkirnya Rp. 0,-.. pdhl sy tidak pernah daftar untuk program gratis ongkir.. kenapa bisa gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati gan,
      saya juga pernah gitu,

      blum daftar gratis ongkir shopee,
      tapi orderan ongkirnya nol,

      ternyata,
      itu statusnya ongkir ditanggung penjual...,
      set dulu jasa kirimnya...,

      Delete
  2. Gan formulir gratis ongkir bisa di lihat dimana ya..?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan caranya gimana sih nyeting jasa kirimnya. aku baru daftar tp gak bisa. kan malah rugi kalau ongkir ditanggung penjual

      Delete
  3. Kalau saya ongkir yang ditanggung oleh shopee cuma 7000 padahal ongkir ke Kalimantan Selatan 57000.. Lah terus yang 50 rb ikut siapa??? 😂😂😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalik itu, ongkir yg ditanggung Shopee Max cuma 50.000 sisanya dibebankan pembeli. Sis lihat saldo masuknya di Penghasilannku saja, jangan yg di penjualan ^^

      Delete
    2. Maaf lalu shopee ambil ganti ongkirnya dr mana???apa g rugi???

      Delete
    3. Maaf lalu shopee ambil ganti ongkirnya dr mana???apa g rugi???

      Delete
  4. Kalo mau bkin kategori jualan gmn ya..rubah kata2 di bag depan jg gmn ta. Mhn maapp nanya2

    ReplyDelete
  5. Sis mau nanya, aku masih baru mau jualan di shopee. Nah mumpung aku ini kan reseller, jadi apakah pas orderan ku di shopee di beli sama si pembeli. Apakah duitnya masuk di rekening kita dulu ato tertahan di rekening shopee ? Dan ketika barang udh sampe di pembeli baru dana di trf ke rekening kita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya marketplace ya duit ditahan pihak MP demi keamanan dan menghindari penipuan

      Delete
  6. Kak mau nanya, aq pengguna baru shopee. Untuk daftar gratis ongkir shopee buat penjual itu lewat apa ya? Dan bagaimana cara nya? Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Kak saya pengguna baru shopee. Bagaimana cara buat daftar gratis ongkir shopee. Mksh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pembeli mah ga usah ikut daftar. hanya penjual aja yg daftar agar tokonya dapat subsidi ongkir dri shopee. cek aplikasi shopee, dibanner depan ada tulisannya

      Delete
  8. Waktu mau ngrim ke jne lgsg blg ongkir di tanggung shopee atau uang ongkir di talang penjual dl.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya sis soalnya saya baru rencana gabung jualan di shopee, apakah kurir JNE datang menjemput barang ke alamat toko kita ketika ada barang yg laku atau yg harus dikirim kepembeli?

      Delete
    2. Kita harus bawa barangnya ke agen JNE terdekat

      Delete
  9. Waktu mau ngrim ke jne lgsg blg ongkir di tanggung shopee atau uang ongkir di talang penjual dl.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya talangi dulu lah gan, nanti agan dibayar bareng dana pencairan
      baru jualan online ya?

      Delete
  10. Salam kenal gan, saya penjual baru di shopee mendapat pesanan dari pembeli asal batam.dia belanja habis 90rb an,saya ikut program free ongkir.saya cek di jne ongkir ke batam 34rb, tapi pembeli cuma bayar 4rb. Nah yg saya bingungkan ongkir 30rb itu saya atau shopee yg tanggung? Mohon bantuan agan, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. shopee yg nanggung. nanti kalau dana sudah cair, 30rb akan keluar om. baru jualan online ya?

      Delete
    2. Halo kak, salam kak edo, salam kak fransisca..salam kenal. Sepertinya saya juga mengalami yg dialami kak fransisca. Untuk orderan di luar jawa saya skrg hati2. Karena sering kali sistem di shopee tidak cocok dengan web jne. Di jne cocok, tapi waktu pembeli sudah klik pembelian.. Ternyata beda. Misal ongkir ke ntt seharusnya 89.000 ( dikurangi sub jadi 59.000) tapi tertulis 34.000 . Saya sudah pernah komplain masalah seperti ini tapi jawaban shopee tidak memuaskan.

      Delete
    3. Iya kak, kalo kyk gtu gmn ya ?
      Jdi yg nanggung 59k siapa ya kak ?
      Ak jga ikut gratis ongkir, di kalimantan 42k, yg 2k ditanggunv pembeli, tp kok yg 40 gk ada informasi "40k ditanggung shopee" ya kak ? Bantu jwb dong, terima kasih

      Delete
    4. Kak sy jga,
      Jdi sy ikut program gratis ongkir, cust sy kan luar jawa, diongkir tulisannya 2k, pdhal waktu sy di jne jdi 42k, tp di shopee gk ada informasi kalo 40k ditanggung shopee, jdi yg 40k itu yg nanggu siapa ya kak ? Sy gtu ?
      Bantu jwb kak,
      Maksih

      Delete
  11. Bnr gak ya klo jualan di shopee itu gratis ongkir. Nyoba jualan di shopee tp jd bingung mslh ongkirx

    ReplyDelete
  12. kang edo.. mo nanya.. jd brp lama bnr2 bs berstatus free ongkir bagi penjual?

    ReplyDelete
  13. Gan mau nanya sayang pengguna baru aplikasi shopee. Saya telah menjual barang dan telah dikirim selanjutnya barang yg sudah di kemas langsung diantar ke jne dulu kah? Terus sampai sana misalnya ditanya ongkirnya bilangnya apa? Produk yg dibeli tercantum gratis ongkir. Saya belum paham. Mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dong bantu jawab. Ongkir di tanggung shopee max 30rb itu di bayarkan nanti saat pencairan dana. Jadi kalau di dunia nyata ya kita ini yang bayarin ongkir dulu, nalangi istilahnya.nanti km input resi di shopee. Resi harus valid. Nanti kalau pas pencairan dana, ongkir akan di ganti

      Delete
  14. Selamat siang, saya pengguna baru shopee mau tanya saya kan berjualan di shopee, nah kalo ada yg order si penjual mengirim barangnya ke customernya langsung apa le shopee dulu, dan apakah di pickup oleh tim jne nya atau kita yg ngantarkan barang jualan ke jne nya? Untuk pembayaran ongkirnya kita yg bayar dulu ke JNE nya apa gimana?mohon infonya 🤗trims....

    ReplyDelete
  15. Selamat siang..
    Saya seller baru di shoppee..
    Sudah dua kali dapet pembeli dengan free ongkir, tapi pihak shopee tidak reimburse ongkir via jne (padahal no resi sudah di input di system shopee)

    Apakah harus daftar terlebih dahulu untuk ikut program free ongkir shopee ini?? Jika iya, bagaimana cara daftarnya??
    Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Saya mau nanya nih saya kan sudah transfer tapi kok di belanjaan sya gaada ya . Adanya psnan yg ga jadi sya beli. Ak otak atik di toly ttp ga ada di blanjaanku adanya yg ga jd sy bayar tadi. Pdhl sy ud kirim.

    ReplyDelete
  17. Maaf gan mau tanya,,klo daftar d sopee apa hrs deposit dl 500rb,,kq kata temen saya gitu,,bener apa ndak,,terimaksh

    ReplyDelete
  18. Kak mau tanya kalo jualan dshopee apakah kita bayar?
    Misalkan kita dpt orderan apakah dwktu pencairan dipotong atau gak?

    ReplyDelete
  19. Cairnya dana kira-kira brpa lama yaa setelah brang sampai ?

    ReplyDelete
  20. pagi mas, saya mau nnya cara buat gratis ongkir gmn ya ? bolehkah berbgii tips'' awal smpe akhir masih belum paham gan

    ReplyDelete
  21. Wah nice info, dan diskusinya mencerahkan. Baru tahu kalau ongkirnya di talangi dulu oleh penjual. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  22. jualan di bukalapak tokopedia sdh banyak dapat order, mgkn seribuan. lumayan . Paling jos di bukalapak. iklan dijamin di halaman muka, demikian juga di tokopedia . kalau di shopee saya bingung sistemnya. Sdh buang uang 50.000 habis cuma dalam hitungan jam. Tolong shopee nggak usah mahal mahal donkz tarip iklannya.

    ReplyDelete
  23. Saya seller di shopee, kmren dapet orderan dari Bali, ongkir 35rb tapi tak diganti sama sekali oleh shopee, katanya ongkir diganti shopee, tapi ini kok engak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email ke support@shopee.co.id aja kak. Fast response kok.

      Delete
  24. Apakah ongkir gratis,berlaku kelipatan kg gan atw sis..mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik