Langkah - Langkah Mengatasi Error Loading Operator System

Error Loading Operating System
Beberapa saat yang lalu, tiba - tiba komputer yang saya pakai layarnya menjadi biru. Hang, tidak ada respon ( no respond ) setelah ditunggu cukup lama tidak ada perubahan, saya akhirnya me restart komputer. Salah satu langkah solutif yang paling masuk akal.
Namun saat saya nyalakan lagi, ternyata komputer saya tetap tidak jalan. Layarnya hitam, dan ada tulisan,
Error Loading Operating System.


Restart lagi, begitu lagi, restart lagi, begitu lagi.
Akhirnya saya coba untuk shut down komputer tunggu beberapa jam, lalu saya nyalakan lagi, hasilnya tetap sama,
"berarti ada yang salah."
tapi apa? dimana?
Setelah searching di google, dan mencoba-coba,
Saya mengambil kesimpulan, untuk mengatasi error loading opeating system,
tergantung dari penyebab itu terjadi.

Adapun Langkah-langkahnya mengatasi error loading system adalah :

  1. Restart windows / Shut down-nyalakan 
    Untuk beberapa kasus, me restart windows sudah cukup mengatasi masalah ini. Ini bisa terjadi untuk komputer yang terlalu sering dipakai tanpa istirahat. Tipsnya, kurangi pemakain komputer dalam waktu lama tanpa istirahat.
  2.  Booting ke default / set bios  ke default 
    Jika komputer mengalami error karena bios nya, maka lakukan langkah berikut.
    nyalakan komputer masuk  ke bios dan set ke default.
    atau nyalakan komputer , boot komputer set  ke default.
    untuk kasus saya ini yang terjadi, setelah set ke default, Alhamdulillah komputer saya menyala lagi.
  3. Install Ulang windows
    Jika memang terjadi kerusakan system ( kemungkinannya kecil ), maka solusi paling logis adalah dengan menginstall ulang windows. Namun dengan cara ini, anda mungkin harus merelakan data-data / program anda akan terhapus.
    Masukkan dvd windows ke dvd rom, nyalakan, install.
  4. Ganti Hard disk
    Jika error disebabkan karena hard rusak, atau sudah terlalu banyak bad sector, mungkin dengan menagganti hard disk lalu  menginstall ulang bisa jadi solusi.
Untuk mengatasinya cobalah langkah satu dan dua terlebih dahulu, jika memang ragu dan tidak bisa, ada baiknya untuk menghubungi service komputer kepercayaan anda.
Sekian, terima kasih
(*keep smile )

Comments

Popular posts from this blog

Tips Shopee: Bagaimana Kalau Pembeli tidak Konfirmasi Terima Pesanan

Cara Mengatasi Bau Menyengat dari Siwak

Cara Mengatasi "Please Insert the Last Disk of the Multi-Volume set" pada Flashdsik